Selasa, 06 Maret 2012

Cinta Kasih dalam Kepribadian Seseorang

Kasih Ibu
Hakikatnya manusia adalah makhluk sosial, yang tidak seutuhnya melakukan sesuatu hal seorang diri, begitu juga dalam menjalani hidup ini. Berbicara tentang Cinta Kasih, definisi Cinta Kasih tersendiri yaitu: Cinta adalah rasa sangat suka ( kepada ) atau rasa sayang ( kepada ), ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kasih adalah perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Dengan demikian cinta dan kasih memiliki arti yang bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat kata cinta. (Sumber: BAB 4 Manusia & Cinta Kasih)




3 Unsur tentang cinta menurut Dr Sarlito W.Sarwono:
- Keterikatan
- Keintiman
- Kemesraan

Contoh Keterikatan :
Adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan oranglain kecuali dengan dia, janji dengan dia harus ditepati.

Contoh Keintiman :
Kebiasaan dan tingkah laku yang menunjukan bahwa antara anada dengan dia sudah tidak ada jarak lagi. Panggilan formal seperti bapak, ibu, makan dan minum sepiring tanpa merasa risi, saling meminjam satu sama lain tanpa ada perasaan hutang, dll.

Contoh Kemesaraan :
Rasa ingin membelai atau di belai, rasa kangen kalau jauh atau lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang, dan seterusnya.

Dalam hal membangun kepribadian seseorang, keluarga dan lingkungan sekitar juga berpengaruh. Namun tetapi dalam kenyataannya tanpa adanya Cinta Kasih kepribadian seseorang bisa melenceng dari tujuan semula. Kerap sekali para anak yang tidak diperhatikan aleh orang tuanya yang terlalu sibuk dalam pekerjaan, membuat anak tersebut mencari perhatian pada hal lain. Sangat riskan jika setiap orang tua terlalu memanjakan anakanya juga. Oleh karena itu, dalam hal ini perlu adanya keseimbangan dimana saat tertentu orang tua dapat memberikan Cinta Kasihnya terhadap anaknya begitu juga sebaliknya.

Tentunya apabila kita menanamkan kebaikan kepada semua orang, maka kita akan mendapat kebaikan juga. Dan sebaliknya, apabila kita menanamkan keburukan kepada semua orang, pastilah kita akan diperlakukan buruk oleh sekitar kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar