Sabtu, 19 April 2014

Rating/Katagori Game Berdasarkan Lembaga Rating ESRB



ESRB adalah suatu system rating yang digunakan di Amerika Utara/ ESRB adalah sebuah organisasi yang memberikan dan menetapkan system rating, panduan advertising, prinsip privasi pada computer dan video game online serta entertainment software sebagai bentuk kebutuhan publik.

Berdiri sejak tahun 1994 oleh Interactive Digital Software Association (sekarang bernama Entertainment Software Association). Keputusan untuk membentuk ESRB didasari atas adanya unsure kekerasan yang terdapat pada game seperti Mortal KombaFungsi lain dari mengetahui kategori rating game bagi orang tua adalah untuk meminimalkan dampak negatif game pada psikis dan perilaku anak. Untuk melihat kategori, selain pada kemasan cover dvd/kaset game, kita juga bisa melihatnya pada situs ESRB ( Entertainment Software Rating Board ) di www.esrb.org. Situs ini merating game game dari berbagai platform game konsol. Akan membahas tentang ERSB. ESRB sendiri menggunakan simbol-simbol yang menggunakan penggabungan beberapa huruf abjad yang diambil dari huruf depan judul konten yang telah mereka tentukan. Hingga saat ini ESRB setidaknya telah memakai 7 simbol untuk membedakan kategori.htTrap serta video game lain yang mengandung unsure SARA.

Yuk, kita mengenal Simbol-simbol yang terdapat dalam ESRB:

EC – Early Childhood. Ditujukan untuk usia lebih dari 3 tahun. Game dengan rating ini berisi materi yang bisa membimbing orang tua dan guru untuk menunjang pembelajaran. Biasanya berbentuk educational game dangan problem yang komplek.


E – Everyone. Lebih cocok ditujukan pada umur lebih dari 6 tahun. Berisi game dengan gambar kartun dan fantasi atau dibumbui dengan kekerasan ringan-menggunakan bahasa yang lebih halus.



E10+ – Everyone 10+. Menggunakan lebih banyak kartun, fantasi, dan kekerasan ringan berupa tema-tema yang member sugesti.



T – Teen. Ditujukan untuk umur sekitar 13 tahun. Tema-tema game sudah mengandung kekerasan, sugesti, humor-humor kasar, sedikit darah dan bahasa sedikit kasar.



M – Mature. Ditujukan untuk umur 17 tahun ke atas. Game pada rating ini lebih banyak menampilkan kekerasan yang sangat sering, seperti visualisasi darah yang sangat kental, bumbu-bumbu seksual dan bahasa yang kasar. Penjual game dan rental melarang keras anak-anak di bawah 17 tahun untuk membeli maupun menyewa.

AO – Adult Only. Untuk dewasa sekitar 18 tahun ke atas. Ditujukan untuk kaum minoritas, dengan game berisi pornografi dan kekerasan yang sangat kental diproduksi developer-developer khusus. Tidak semua penjual game menjualnya karena sering mengandung kontroversi.

RP – Rating Pending. Rating untuk game yang masih direview. Hanya digunakan untuk promosi game atau dalam bentuk demo game.





Contoh Informasi Rating - EA SPORTS ™ FIFA 2014 Piala Dunia Brasil


Platform: PlayStation 3, Xbox 360

Penilaian Kategori: Everyone

Deskripsi: -




Penilaian Rating: Ini adalah simulasi permainan sepak bola di mana pemain dapat memilih tim dari liga internasional dan nasional untuk terlibat dalam pertandingan yang realistis. Pemain dapat berlatih  menembak / mengoper, menetapkan strategi di lapangan, dan terlibat dalam berbagai mode permainan (misalnya, Goes to Piala Dunia, Keterampilan Permainan, Road to Rio de Janeiro). Bisa dimasukan dalam reting Everyone karena game ini mengandung permainan olahraga yang dapat mengajak pemain untuk berolahraga secara langsung (kehidupan nyata). Dan dalam game ini tidak ada unsur-unsur pornagrafi dan kekerasan. 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar